Acara lamaran merupakan tahap yang penting dalam hubungan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Acara lamaran ini adalah acara yang mempertemukan dan memperkenalkan dua keluarga besar secara resmi sebelum menggelar acara pernikahan.

Bagi banyak pasangan, acara lamaran juga menjadi momen istimewa yang harus dirayakan. Karena itu tak sedikit pasangan yang menyelenggarakan acara lamaran secara besar bahkan menggunakan jasa event organizer.

Kalau Anda ingin membuat sendiri tanpa bantuan event organizer pun bisa asalkan Anda tahu apa saja susunan acara lamaran secara berurutan. 

Susunan Acara Lamaran yang Runtut 

Beberapa pasangan biasanya menggunakan jasa event organizer untuk membantu saat acara lamaran yang digelar. Hal ini bertujuan untuk mensukseskan acara lamaran yang digelar agar berjalan sesuai keinginan.

Dalam paket yang disediakan biasanya juga beserta dekorasi ruangan serta susunan acara yang menarik dan mengesankan. Kalau Anda ingin menyelenggarakannya sendiri, Anda bisa mengikuti susunan acara yang biasanya digunakan dalam acara lamaran berikut ini.

1. Penyambutan Kedatangan Calon Mempelai Lelaki 

Susunan acara lamaran diawali dengan penyambutan kedatangan calon mempelai laki-laki di rumah calon mempelai perempuan. Biasanya kedatangan calon mempelai laki-laki ini juga bersama dengan keluarga besar calon mempelai laki-laki.

Keluarga calon mempelai perempuan pun akan menyambut dengan hangat kedatangan keluarga besar dan calon mempelai laki-laki. MC atau pembawa acara pun akan mempersilahkan masuk rombongan keluarga calon mempelai laki-laki ke dalam rumah. 

2. Pembukaan Acara

Rangkaian acara lamaran selanjutnya adalah pembukaan. Setelah mempersilahkan calon mempelai laki-laki dan keluarga besar masuk ke dalam rumah calon mempelai perempuan, acara lamaran pun dimulai dengan pembukaan.

Pembukaan ini dilakukan oleh MC yang ditunjuk oleh keluarga calon mempelai perempuan, baik dari salah satu anggota keluarga atau orang lain yang sudah ditunjuk oleh keluarga mempelai perempuan. 

MC akan memulai dengan mempersilahkan rombongan calon mempelai pria masuk. Kemudian dilanjutkan dengan menanyakan maksud dan tujuan kedatangan. Sebelum itu, diawali dengan kalimat pembuka seperti pada pembukaan acara lainnya.

3. Menyampaikan Maksud Kedatangan Rombongan

Contoh acara lamaran putera mantan presiden SBY
Contoh acara lamaran putera mantan presiden SBY (Foto: VIVA)

Mengikuti susunan acara lamaran sebelumnya, rangkaian selanjutnya dalam acara lamaran adalah menyampaikan maksud kedatangan dari rombongan calon mempelai laki-laki. Tahapan ini juga sekaligus menjawab rangkaian acara dari lamaran sebelumnya dimana setelah pembukaan, MC akan menanyakan maksud kedatangan rombongan calon mempelai pria. 

Pihak atau perwakilan dari calon mempelai laki-laki akan menyampaikan tujuan kedatangan keluarga besarnya ke rumah calon mempelai wanita.

Dalam rangkaian acara lamaran ini, pihak calon mempelai laki-laki bertugas menyampaikan lamaran dari calon mempelai kepada calon mempelai perempuan.

Perwakilan calon mempelai laki-laki ini juga akan menanyakan kesediaan dari calon mempelai perempuan untuk bersedia dinikahi oleh calon mempelai pria.

4. Pemberian Jawaban Atas Maksud Kedatangan Rombongan

Rangkaian acara lamaran selanjutnya masih berkaitan dengan tahap sebelumnya. Jika sebelumnya dari keluarga calon mempelai pria menyampaikan maksud kedatangan serta menanyakan ketersediaan calon mempelai perempuan untuk dipinang, maka tahap ini adalah giliran dari pihak perempuan untuk menjawab.

Pada tahap ini, calon mempelai perempuan, melalui perwakilan yang sudah ditunjuk sebelumnya menyatakan ketersediaan untuk dinikahi oleh calon mempelai pria. Dalam tahap ini perwakilan dari calon mempelai perempuan juga menyambut baik lamaran dan calon mempelai laki-laki sebagai bagian dari keluarga. 

5. Memberikan Seserahan

Rangkaian atau susunan acara lamaran selanjutnya adalah pemberian seserahan. Ketika  hendak melamar, seorang calon mempelai pria harus membawa seserahan yang nantinya akan diberikan kepada pihak calon mempelai wanita.

Hal ini ditujukan sebagai simbol keseriusan dari pihak calon mempelai pria kepada sang wanita. Seserahan yang diberikan juga bervariasi dan beragam, mulai dari kue, pakaian, bahan pokok, alat make up, kosmetik dan lain sebagainya. Setiap daerah di Indonesia juga biasanya memiliki ketentuan tersendiri dalam menentukan seserahan yang dibawa oleh calon mempelai laki-laki. 

6. Bertukar Cincin 

Cincin untuk pasangan
Cincin untuk pasangan

Setelah acara pemberian seserahan dari calon mempelai pria, rangkaian acara lamaran yang berikutnya adalah bertukar cincin. Prosesi bertukar cincin ini biasanya dilakukan oleh ibu dari calon mempelai pria ke jari calon mempelai wanita, begitu pula sebaliknya.

Dari ibu calon mempelai wanita ke jari calon mempelai pria. Pada beberapa pasangan, prosesi bertukar cincin ini juga bisa dilakukan oleh calon mempelai sendiri. Tujuan dari prosesi tukar cincin ini adalah sebagai simbol pengikat diantara keduanya. Dengan begitu, kedua calon mempelai sudah tidak boleh menjalin hubungan dengan laki-laki atau wanita lain. 

7. Perkenalan Anggota Keluarga dan Ramah Tamah

Rangkaian atau susunan acara lamaran selanjutnya setelah bertukar cincin adalah acara ramah tamah sekaligus memperkenalkan anggota keluarga dari kedua calon mempelai.

Acara ini biasanya dilakukan oleh salah satu dari perwakilan anggota keluarga untuk mengenalkan anggota keluarga inti. Hal ini bertujuan untuk membuat kedua keluarga saling mengenal satu sama lain karena nantinya kedua keluarga akan menjadi keluarga besar. 

8. Penutupan 

Setelah acara ramah tamah selesai dilakukan, biasanya dibarengi dengan menikmati suguhan yang disediakan oleh keluarga calon mempelai wanita, prosesi atau susunan acara lamaran yang inti pun sudah selesai.

Selanjutnya hanya tinggal melakukan penutupan sebagaimana menutup acara lainnya. Pada sesi penutupan ini juga disertai dengan pembacaan doa guna mendoakan kelancaran semua hal termasuk persiapan pernikahan yang akan segera dilaksanakan. Pembahasan tentang tanggal pernikahan biasanya sudah dilakukan pada acara inti atau bisa juga dilakukan diskusi antara kedua keluarga. 

Pada acara penutupan ini juga bisa dilanjutkan dengan sesi foto bersama masing-masing keluarga dan calon mempelai untuk mengabadikan momen. Setelah melakukan sesi foto, biasanya juga dilanjutkan dengan acara makan bersama.

Pihak dari mempelai perempuan sebagai tuan rumah akan mempersilahkan tamu dari rombongan mempelai laki-laki untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan. 

9. Pemberian Balasan dari Pihak Mempelai Perempuan 

Rangkaian atau susunan acara lamaran terakhir adalah pemberian balasan dari keluarga mempelai perempuan. Prosesi ini dilakukan setelah semua sesi sudah dilaksanakan. Balasan ini adalah balasan atas seserahan yang sebelumnya sudah diberikan oleh keluarga calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai wanita.

Balasan seserahan yang diberikan berupa bingkisan yang berisi mulai dari buah-buahan, kue, makanan atau kebutuhan sehari-hari. Biasanya balasan seserahan ini juga dibungkus dengan cantik sebagai bentuk penghargaan atas seserahan yang sebelumnya diberikan yang umumnya juga dibungkus dengan cantik. 

Ketika menyelenggarakan acara lamaran biasanya banyak pasangan yang mengkhawatirkan biaya untuk prosesi lamaran ini. Karena itulah banyak yang memilih untuk menunda prosesi lamaran karena alasan ini. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menekan budget untuk prosesi lamaran yang akan Anda lakukan. 

Lakukan Acara Lamaran di Rumah

Prosesi acara lamaran pun dapat dilakukan di rumah
Prosesi acara lamaran pun dapat dilakukan di rumah (Foto: N/A)

Lamaran umumnya memang dilaksanakan di kediaman calon mempelai wanita. Hal ini memiliki makna sebagai simbol keseriusan calon mempelai pria dalam meminta calon mempelai wanita secara langsung kepada keluarga besarnya.

Namun, tak sedikit pula calon mempelai yang ingin menyelenggarakan prosesi pernikahan secara mewah dan dilaksanakan di gedung serbaguna. Hal ini sah-sah saja asalkan Anda memiliki budget lebih.

Namun untuk menekan pengeluaran budget, menyelenggarakan prosesi lamaran di rumah adalah solusi terbaiknya. Anda hanya perlu menganggarkan biaya untuk melakukan dekorasi pada bagian rumah agar bisa memberikan kesan lebih bagus. 

Tidak Perlu Menggunakan Jasa Event Organizer 

Sama seperti pemilihan penggunaan gedung serbaguna, tak sedikit calon pengantin yang menggunakan jasa event organizer pada prosesi lamarannya, meskipun acara dilangsungkan di rumah. Hal ini pun tidak salah dan sah-sah saja dilakukan selama Anda memiliki budget lebih.

Penggunaan event organizer memang memudahkan Anda karena semua rangkaian acara dan hal-hal yang berkaitan dengan proses lamaran Anda akan dihandle oleh pihak event organizer. Namun tentu saja, Anda harus mengeluarkan budget lebih. Karena itu, tidak menggunakan jasa event organizer bisa membantu dalam menekan biaya. 

Nah, demikian tadi penjelasan lengkap tentang rangkaian atau susunan prosesi acara lamaran yang bisa Anda ikuti. Bagi calon pengantin, acara lamaran adalah awal mula dalam menjalin hubungan ke arah yang lebih serius yaitu pernikahan.

Pada acara ini, selain untuk meminta ijin dan restu dari kedua keluarga, juga bertujuan untuk mengenalkan kedua keluarga besar secara resmi. Karena itu banyak yang ingin membuat acara lamarannya lebih istimewa. Semoga penjelasan tentang rangkaian acara lamaran di atas bisa membantu Anda menyusun acara lamaran impian.