Momen pernikahan adalah peristiwa sakral yang pasti menjadi salah satu hal teristimewa dalam hidup setiap orang. Maka tidak heran apabila semua aspeknya dibuat semenarik dan sebagus mungkin, termasuk dalam hal pembuatan undangan.

Sebenarnya, aspek penting yang dapat menentukan bagus tidaknya sebuah undangan terletak pada desainnya, sehingga tidak heran apabila banyak background undangan pernikahan yang menggunakan desain beragam.

Jenis Background Undangan Pernikahan

Berikut adalah beberapa jenis background untuk undangan pernikahan yang bisa Anda dan calon pasangan hidup Anda pilih sesuai selera.

1. Floral Background

Contoh undangan dengan floral background
Contoh undangan dengan floral background (Download)

Jika Anda adalah pencinta bunga dengan nuansa floral, sangat disarankan untuk mencoba jenis background satu ini. Floral adalah kelompok bunga yang memiliki bentuk sangat cantik dan tentu saja tampilan menarik. Biasanya, warna bunga yang digunakan akan terdiri dari warna-warna pastel yang mampu mencerminkan konsep pernikahan elegan.

2. Background Vintage

Contoh undangan pernikaha dengan background yang vintage (Download)

Jenis background pada undangan pernikahan satu ini memang identik dengan nuansa tradisional. Desainnya sangat beragam, tetapi tidak dapat dipungkiri apabila sebagian besar warnanya didominasi oleh cokelat dan emas. Anda bisa menambahkan konsep-konsep yang unik agar membuat desain vintage tampak menonjol.

3. Background Mewah atau Glamor

Undangan pernikahan dengan tampilan yang glamor alias mewah (Download)

Background undangan untuk pernikahan yang selanjutnya bisa menggunakan desain glamor atau mewah. Glamour memang identik dengan kesan-kesan yang mewah, begitu pula pada jenis undangan satu ini. Meskipun desainnya tampak sederhana, dengan banyaknya aksen warna emas dan detail yang berkilauan menjadikan undangan ini semakin menarik untuk dipilih.

Biasanya, orang-orang yang ingin menonjolkan konsep pernikahan modern akan sangat menyukai jenis desain satu ini. Kemewahan yang dimaksud tidak hanya didukung pada satu aspek saja, tetapi menyangkut keseluruhan, mulai dari jenis kertas hingga desainnya. Cara paling mudah adalah bisa dengan menggunakan tambahan amplop estetik sehingga memberikan sentuhan modern.

4. Background Plain Minimalis

Undangan dengan tampilan minimalis (Download)

Kelebihan dari background ini akan memberikan kesan yang polos terhadap tampilan undangan Anda. Di dalamnya hanya terdapat tulisan-tulisan dengan font yang dicetak seindah mungkin.

Warna-warna yang digunakan lebih beragam, seperti abu-abu, putih, pink, gold, dan yang lain. Dengan memilih jenis undangan ini, Anda bisa mengkreasikan berbagai jenis tulisan indah.

5. Background Autumn

Tema musim semi (Download)

Bagi Anda yang suka dengan autumn atau nuansa musim gugur, maka sangat disarankan untuk memilih desain satu ini. Hiasan dengan motif daun yang kekuningan akan secara tidak langsung membuat tampilan undangan Anda elegan. Selain itu, jenis background undangan ini juga bisa mewakili konsep pernikahan yang mungkin Anda inginkan.

6. Background Kayu

Undangan dengan tema motif kayu (Download)

Apabila bosan dengan desain yang sudah umum, Anda bisa mencoba menggunakan tipe satu ini. Ciri khas dari desain ini adalah menggunakan paduan warna-warna kayu dan warna terang lainnya sehingga mampu menghasilkan aksen cantik yang berkesan. Untuk tulisannya lebih disarankan dicetak kecil-kecil agar tidak menghilangkan tonjolan desainnya.

7. Background Monokrom

Undangan dengan tema background monokrom (Download)

Istilah monokrom sudah sangat familiar di kalangan para remaja. Belakangan ini, ternyata ada banyak orang yang mengaplikasikannya di undangan pernikahan. Monokrom sendiri mengandalkan konsep warna abu-abu, hitam, dan putih secara bersamaan.

Hal ini akan sangat terlihat menarik apabila dikaitkan dengan warna gaun pengantinnya. 

8. Background 3D

Undangan dengan backgroun 3 dimensi (Download)

Semakin canggihnya dunia desain membuat banyak model dan motif semakin mudah untuk dijangkau. Kali ini ada desain transparasi yang lebih menitikberatkan pada isi di dalam undangan.

Desain ini disebut sebagai undangan 3D karena faktanya memang dapat dilihat seperti bangun datar. Tidak banyak orang-orang yang menggunakan jenis undangan satu ini karena memang membutuhkan biaya yang besar.

9. Background Alam

Undangan dengan tema alam (Download)

Kesan alamiah juga menjadi salah satu motif terbaik yang bisa digunakan pada undangan pernikahan. Sesuai dengan namanya, desain ini memang menonjolkan warna hijau dengan berbagai hiasan alam yang menarik.

Konsepnya bisa dibuat lebih beragam, tidak melulu berbentuk kotak biasa. Mungkin bisa menambahkan beberapa bentuk-bentuk origami yang begitu unik.

10. Background Kontras

Tema undangan dengan background yang kontras (Download)

Saat ini penggunaan konsep kontras sudah banyak diterapkan dalam dunia undangan pernikahan. Tujuannya adalah untuk menonjolkan aspek tertentu dari tampilan luarnya tersebut. Biasanya, agar konsep kontrasnya terlihat dengan jelas, background yang digunakan harus warna-warna yang gelap. Lalu di bagian atasnya menggunakan warna-warna cerah.

11. Background Klasik

Contoh undangan pernikaha dengan tema background klasik (Download)

Jenis background pernikahan selanjutnya adalah klasik. Background klasik akan didominasi oleh warna-warna yang berunsur kayu. Selain itu, menambahkan beberapa hiasan berupa pita juga bisa menjadi salah satu nilai plus pada tampilan undangan tersebut nantinya. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan konsep pernikahan yang tampak natural.

12. Background Bertekstur

Kalangan elit saat ini sudah mulai beralih menggunakan background dengan sentuhan berbagai macam tekstur. Penggunaan tekstur biasanya dilakukan dengan mengandalkan sentuhan cat air. Namun, tidak semua cat air bisa digunakan karena harus dipilih yang memiliki sifat waterproof.

13. Pop-up Background

Inovasi background pada sebuah undangan pernikahan saat ini sudah berkembang dengan pesat. Penggunaan pop-up secara tidak langsung akan membuat undangan menjadi begitu ramai. Jenis background satu ini sangat cocok bagi konsep pernikahan dengan nuansa petualangan. Hal ini karena konsep pop-up biasa mengutamakan sisi penceritaan.

14. Terang

Jika sebelumnya sudah ada jenis background undangan yang menggunakan warna-warna gelap, maka kali ini konsep warna yang digunakan sangatlah terang.

Anda tidak lagi bisa menggunakan warna-warna pastel atau kalem karena akan terlalu menyatu dengan desainnya. Untuk itu pastikan bagian backgroundnya didominasi dengan warna-warna yang kuat.

Nah, itulah beberapa desain terkait jenis background undangan pernikahan yang bisa Anda jadikan inspirasi. Anda juga bisa menyesuaikan jenis background tersebut dengan konsep pernikahan yang diinginkan sehingga tampak semakin cantik dan menarik.