Foto buku nikah merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dilengkapi sebelum mengajukan status pencatatan pernikahan ke KUA. Tak jarang foto ini juga ditampilkan ke laman media sosial pemiliknya sebagai salah satu cara menyebarkan berita bahagia. Foto nikah memiliki tampilan khas. Sehingga pemilik akun tidak harus memberikan penjelasan.

Lantas, tak ingin kan pas foto nikah terlihat buruk? Apalagi foto ini akan terpajang seumur hidup. Selain itu, terkadang ada saja pasangan yang harus mengambil foto berulang kali karena tidak sesuai dengan ketentuan.

Alangkah baiknya sebelum mengambil foto, kedua calon mempelai mengetahui ketentuan serta tampilan agar terlihat nyaman dipandang.

Ketentuan Foto Buku Nikah

KUA memiliki beberapa ketentuan yang harus diikuti sebagai dasaran foto untuk buku nikah. Ketentuan ini terdiri dari ukuran foto, warna background, serta pakaian yang dikenakan. Secara detail, inilah beberapa ketentuan pas foto nikah:

Ukuran pas foto nikah

Pada ketentuan yang dicantumkan oleh KUA berdasarkan peraturan Kementrian Agama terdapat dua ukuran pas foto nikah yaitu 2×3 sebanyak 8 lembar dan 4×6 sebanyak 2 lembar. Jumlah foto ini sudah termasuk untuk calon suami atau istri. Sekilas tampak begitu banyak. Namun, jumlah foto tersebut telah sesuai dengan keperluan administrasi, yaitu:

  • Buku nikah sebanyak 2 eksemplar. Foto yang diperlukan adalah ukuran 2×3, ada 4 lembar, yaitu 2 lembar calon suami dan 2 lembar calon istri.
  • Arsip catatan nikah KUA menggunakan foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
  • Tanda terima akta nikah dengan menggunakan foto 2×3 sebanyak 2 lembar.
  • Daftar pemeriksaan nikah yang menggunakan lampiran foto 2×3 sebanyak 2 lembar.

Background foto nikah

Beberapa sumber mengatakan bahwa warna background foto menggunakan warna merah dan warna biru. Perbedaan didasarkan pada tahun lahir yang dibedakan menjadi tahun ganjil dan gelap. Selain itu masih terdapat beberapa warna lain yang disebutkan.

Namun, peraturan terbaru menjelaskan bahwa background foto hanya menggunakan warna biru cobalt. Hal tersebut dinyatakan jelas pada lampiran keputusan Direktur Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2018 Model N2.

Pakaian foto nikah

Tidak ada ketentuan khusus mengenai pakaian yang digunakan. Persyaratan hanya mencantumkan untuk berfoto menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Boleh menggunakan kemeja atau kaos berkerah. Semua sesuai dengan selera anda.

Tampilan Cantik dengan Background Foto Nikah

Berfoto pada buku nikah sama pentingnya seperti pada foto kartu identitas. Semua dilakukan sekali seumur hidup. Sehingga tampilan dengan paras menawan serta senyum bahagia adalah dambaan setiap pasangan. Jasa studio foto dapat menjadi pilihan agar kualitasnya memadai. Selain itu berfoto pada pagi atau siang hari juga dapat memberikan tampilan fresh pada foto.

Hal lain yang tak kalah penting adalah mempersiapkan diri agar hasil foto buku nikah terlihat cantik. Beristirahat cukup sebelum mengambil foto. Menata rambut serta kumis pada pria serta menata rambut atau menggunakan hijab (bagi wanita muslim) sesuai bentuk wajah bisa membuat tampilan yang lebih baik. Disarankan menggunakan riasan yang natural untuk wajah yang terlihat muda. 

Selain itu, pakaian yang serasi dengan pasangan akan membuat tampilan buku nikah yang manis. Beberapa warna pakaian yang match untuk dipadankan dengan warna background foto nikah dapat menjadi pilihan. Berikut adalah contoh perpaduan warna yang dapat digunakan:

Putih

Contoh background warna putih dan sedikit abu-abu
Contoh background warna putih dan sedikit abu-abu

Warna ini merupakan warna yang aman untuk digunakan saat berfoto. Tampilan yang netral memberikan kesan yang pas pada segala suasana. Warna putih sendiri memiliki kesan suci bersih seperti baru dilahirkan. Warna putih akan tampak serasi jika dipadukan dengan warna biru cobalt.

Warna Nude

Jika terlalu monoton dengan pakaian warna putih, dapat memilih warna nude. Warna ini memberikan kesan pancaran natural, kalem dan elegan. Penggunaan pakaian warna nude dapat aman pada semua warna kulit. Tampilan ini juga memberikan kesan warna kulit yang lebih bersih.

Abu-abu

Contoh background warna abu-abu
Contoh background warna abu-abu

Jika anda penyuka warna netral. Varian warna abu-abu dapat menjadi pilihan. Gabungan pakaian dengan warna inner hitam atau navy ditambah outer abu-abu akan memberikan kesan elegan, namun tetap terlihat edgy dan preppy. Tampilan akan terkesan niat dan terlihat pop up bersama background yang lebih gelap.

Hitam

Warna ini juga merupakan warna netral seperti halnya warna putih. Warna gelap pada pakaian akan memberi kesan yang lebih slim pada tubuh. Warna ini sangat disarankan jika ingin memberi kesan lebih kurus serta cerah pada kulit. Tampilan yang kontras antara warna kulit dan background akan memberi spotlight pada diri anda. 

Pastel

Contoh warna-warna pastel untuk background foto buku nikah
Contoh warna-warna pastel untuk background foto buku nikah

Warna pastel, semisal baby pink atau baby blue dapat menjadi pilihan bagi pasangan yang tidak menyukai warna nude atau tampilan netral lain. Tampilan fresh dan manis pada pakaian dipadukan dengan warna latar yang cenderung lebih gelap memberi kesan pop up pada foto. 

Mustard

Contoh warna mustard untuk background foto buku nikah
Contoh warna mustard untuk background foto buku nikah

Jika ingin keluar dari zona netral dan bermain warna, dapat menggunakan warna yang hangat. Vibrant coklat dan kuning, seperti mustard dapat menjadi pilihan. Perpaduan warna biru cobalt dan mustard akan memberi kesan nyaman pada mata. Tambahan statement warna coklat akan menambah kesan cantik pada tampilan.

Itulah beberapa ketentuan serta beberapa saran warna pakaian yang dapat digunakan ketika mengambil foto buku nikah. Badan yang sehat juga memancarkan aura yang baik. Memberikan senyuman terbaik akan memberikan pancaran kebahagiaan pada status baru yang disandang.