Momen seperti acara pernikahan memerlukan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan, baik dari pasangannya, tempat lokasi pernikahan, tamu, undangan, katering dan persiapan pendukung lainnya.

Persiapan pernikahan perlu dilakukan dari jauh-jauh hari agar saat hari H nanti semuanya sudah siap dengan seminimal mungkin kekurangan atau kesalahan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mendukung sebuah acara pernikahan. 

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Pernikahan

1. Menentukan Tanggal Pernikahan

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk persiapan pernikahan adalah menentukan tanggal. Setiap pasangan bisa memilih tanggal cantik atau tanggal yang dianggap baik sesuai tradisi. Setelah ditentukan, tanggal pernikahan bisa menjadi patokan untuk selanjutnya mempersiapkan perlengkapan pernikahan dan lain sebagainya.

Persiapan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari atau sekitar 1 bulan sebelumnya sehingga tidak terburu-buru. Tanggal pernikahan juga bisa ditentukan untuk dua acara yaitu lamaran dan untuk resepsi pernikahan. Biasanya untuk pengantin dari Jawa akan menghitung tanggal pernikahan sesuai dengan tanggal lahir dari masing-masing pengantin.

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan tanggal baik dengan harapan pernikahannya berkah dan pasangan bisa hidup bahagia setelah dan selamanya.

2. Menghitung Budget

Persiapan nikah yang harus dilakukan setelah penentuan tanggal adalah menyiapkan anggaran atau budget pernikahan. Hitung perkiraan biaya pernikahan dengan disesuaikan budget yang disiapkan.

Dana tersebut harus bisa  menutupi biaya-biaya seperti undangan, dekorasi, gaun pengantin, hiburan, souvenir, katering, mas kawin, dan lainnya. Sesuaikan acara pernikahan dengan anggaran yang ada dan apabila perlu siapkan juga dana darurat.

Dana itu nantinya bisa digunakan apabila muncul biaya-biaya yang tidak terhitung atau tidak terduga sebelumnya. Calon pasangan pengantin bisa mulai menyicil dengan menabung untuk biaya pernikahan. Hal tersebut penting karena biaya untuk pernikahan biasanya akan meningkat setiap tahunnya. 

3. Memilih Tempat

Tempat resepsi merupakan bagian penting dalam persiapan pernikahan. Pilih tempat pernikahan yang nyaman dan bisa menampung para tamu undangan. Apabila ingin menyewa gedung, sebaiknya pertimbangkan juga dengan tempat parkir yang disediakan.

Hal tersebut perlu dilakukan agar nantinya para tamu yang datang bisa lebih nyaman. Tempat resepsi juga perlu disiapkan jauh-jauh hari untuk nantinya dicantumkan pada undangan pernikahan. Menyiapkan tempat resepsi ini sebaiknya segera dilakukan untuk menghindari tidak tersedianya tempat yang sesuai tanggal pernikahan.

Bicarakan dengan vendor yang menyediakan tempat resepsi mengenai biaya sewa gedung dan mungkin biaya-biaya tambahan lainnya.

4. Menentukan Konsep Pernikahan

Konsep pernikahan tidak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum hari berbahagia tiba. Tempat dan konsep pernikahan ditentukan sesuai dengan kesukaan dan selera dari calon pengantin.

Setelah memiliki konsep pernikahan, akan lebih mudah untuk menentukan persiapan nikah lainnya, seperti baju seperti apa yang dibutuhkan dan dekorasi seperti apa yang cocok untuk tema tersebut. Kebanyakan wedding organizer biasanya menawarkan tema tradisional dan tema modern.

Masing-masing konsep tersebut akan menentukan jenis pakaian dan prosesi pernikahan setelah akad. Jasa vendor pernikahan atau jasa WO bisa membantu Anda menentukan konsep pernikahan yang bagus dan tidak terlupakan. Anda juga bisa mencari inspirasi konsep pernikahan melalui internet dan dari media sosial WO. 

4. Menyiapkan Baju Pengantin

Baju pengantin
Baju pengantin

Gaun pengantin juga menjadi bagian yang sangat penting untuk persiapan pernikahan. Calon pengantin bisa mendatangi desainer atau tempat penyewaan gaun pengantin. Pilih baju pengantin pria dan wanita sesuai dengan konsep pernikahan yang sudah disepakati.

Umumnya setelan jas untuk pengantin laki-laki dan gaun putih untuk pengantin wanita menjadi baju wajib yang perlu disiapkan. Pilih baju yang serasi, baik dengan warna yang sama atau dengan aksesoris tertentu. Jadi saat sesi pemotretan nanti, kedua pengantin dapat terlihat serasi dan menawan pada acara pernikahannya.

Baju pengantin perlu dibuat jauh-jauh hari untuk menentukan desain dan ukurannya. Sebelum hari H, sebaiknya pengantin melakukan fitting baju lagi untuk memastikan bajunya nyaman digunakan dan sesuai dengan yang diharapkan.

5. Memilih Jasa Make Up

Persiapan pernikahan yang tidak boleh terlewat lainnya adalah jasa make up. Jasa rias bisa dari vendor yang sama yang menyediakan baju pengantin atau dari jasa lain. Biasanya untuk jasa rias yang sama dengan penyedia baju pengantin akan memberikan pengurangan harga sehingga pengantin bisa lebih hemat biaya.

Namun tidak ada salahnya juga, apabila Anda menginginkan penata rias lain. Jangan lupa juga untuk memilih aksesoris yang akan digunakan pada resepsi nanti. Aksesoris untuk gaun pengantin wanita, aksesoris untuk jas pengantin pria, hingga aksesoris untuk para pendamping pengantin.

6. Menyiapkan Mas Kawin

Cincin kawin emas
Cincin kawin emas

Mas kawin biasanya menjadi urusan dari pihak mempelai pria untuk mempersiapkannya. Namun, mas kawin juga perlu dibahas bersama agar semuanya cocok dan sesuai budget. Mas kawin untuk persiapan nikah bisa dipilih beberapa minggu sebelum acara akad dan resepsi.

Selain mas kawin, siapkan juga barang-barang yang akan menjadi seserahan. Persiapan tersebut penting terutama untuk pengantin yang masih menggunakan adat. Barang-barang seserahan biasanya dihias dengan bentuk unik dan menarik.

Benda yang paling penting untuk disiapkan bagi pengantin adalah cincin pengantin. Cincin yang nanti digunakan oleh masing-masing pengantin saat resepsi pernikahan. 

7. Membuat Undangan

Pernikahan akan semarak dengan kehadiran keluarga dan teman-teman dekat, oleh sebab itu perlu menyiapkan undangan untuk mengundang mereka datang. Hal tersebut penting karena untuk beberapa orang tidak akan datang tanpa undangan, walaupun mereka adalah keluarga.

Jadi persiapan pernikahan dengan membuat undangan perlu dilakukan agar kerabat bisa turut menyaksikan hari berbahagia tersebut. Undangan yang sudah disiapkan dapat disebar setidaknya satu minggu sebelum pernikahan.

Jika terlalu dekat, bisa saja ada undangan yang tidak datang karena bertabrakan dengan jadwal lain. Undangan pun bisa dibuat dengan desain yang beragam, mulai dari desain biasa, unik, atau desain undangan mewah. Desain undangan bisa disesuaikan dengan selera Anda dan tentunya dengan dana yang sudah disiapkan.

8. Menyiapkan Souvenir Pernikahan

Kehadiran para tamu tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi si pengantin dan untuk ucapan terima kasih, pemilik acara atau si pengantin bisa memberikan souvenir kepada para tamu. Souvenir adalah salah satu persiapan nikah yang tidak boleh terlewat.

Pilih souvenir yang sesuai dengan budget pernikahan. Souvenir pernikahan tidak harus yang mahal tetapi lebih baik adalah souvenir-souvenir yang memorable. Souvenir untuk pernikahan yang bisa dipilih antara lain kipas tangan, gelas, pisau dan talenan, pulpen, dan lain-lain.

Ada banyak pilihan souvenir unik yang harganya terjangkau, jadi tidak akan terlalu membebani biaya pernikahan Anda.

9. Memesan catering

Katering pernikahan
Katering pernikahan

Menjamu para undangan yang datang bisa dengan memesan catering. Jasa catering lebih efisien karena bisa dipesan untuk jumlah banyak dengan berbagai pilihan makanan. Persiapan pernikahan yang satu ini bisa dibahas berdua agar bisa disesuaikan dengan anggaran resepsi pernikahan.

Pilih catering yang menyediakan makanan lezat dan harga yang tidak terlalu mahal. Informasi jasa catering dari internet atau dari teman bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih layanan catering.

Datangi tempat yang menyediakan layanan catering untuk memesan makanan-makanan apa saja yang ingin dihadirkan dalam resepsi pernikahan.

10. Memilih Jasa Dokumentasi

Salah satu yang tidak boleh terlewat untuk persiapan nikah adalah jasa dokumentasi. Cari jasa fotografer profesional yang sudah memiliki pengalaman memotret momen-momen pernikahan.

Anda bisa mencari fotografer terdekat atau melalui media sosial untuk jasa dokumentasi terbaik. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki.

Setiap fotografer pernikahan mematok tarif yang berbeda-beda. Jika Anda ingin hasil yang terbaik, tentunya fotografer profesional bisa menjadi pilihannya. 

11. Menyiapkan Hiburan untuk Resepsi

Pada acara resepsi pernikahan biasanya disediakan hiburan seperti pertunjukan musik. Persiapan pernikahan untuk hiburan para tamu bisa dengan mengundang penyanyi atau penari.

Hiburan untuk resepsi diperlukan agar para tamu tidak bosan selama acara. Adanya hiburan tersebut juga bisa menjadi pengisi acara saat pengantin sedang berganti kostum atau untuk mengiringi sesi pemotretan. 

Memesan jasa hiburan seperti penyanyi ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar bisa datang sesuai jadwal pernikahan. Jangan lupa untuk persiapan nikah yang satu ini tidak murah, apalagi jika yang diundang adalah orang terkenal. Jadi jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran.

12. Menyiapkan Mobil Pengantin

Kedua calon pengantin perlu melakukan persiapan pernikahan seperti salah satunya adalah menyiapkan mobil pengantin. Anda bisa menggunakan sewa mobil untuk kebutuhan kendaraan saat pernikahan nanti.

Ada banyak tempat sewa mobil pengantin yang menyediakan kendaraan berbagai jenis. Selain itu, mereka juga biasanya menyediakan jasa hias mobil sehingga Anda tidak perlu repot memikirkannya.

13. Menyiapkan Baju Seragam Untuk Keluarga

Selain untuk pengantin, perlu juga persiapan nikah dengan membuat baju keluarga. Seragam tidak harus dengan desain yang sama, tetapi serasi sehingga terlihat kompak dan bagus untuk foto nanti.

Jika perlu, siapkan baju untuk keluarga yang serasi dengan konsep pernikahan dan tidak lebih mencolok dari pengantin. Jadi kedua pengantin tetap menjadi perhatian utama pada acara resepsi tersebut.

14. Memesan Kue Pernikahan

Resepsi pernikahan zaman sekarang sepertinya kurang lengkap apabila tidak ada acara potong kue. Walaupun tidak wajib, kue pengantin bisa membuat resepsi pernikahan terlihat lebih sempurna.

Calon pengantin bisa melakukan persiapan nikah dengan memesan kue untuk dipotong bersama saat resepsi nanti. Selain kue utama, Anda juga menyiapkan kue untuk para tamu undangan sebagai desert.

15. Menyiapkan Tim Panitia

Pada acara resepsi dibutuhkan panitia yang menjadi tim panitia pelaksana. Panitia yang dapat memandu acara, mengontrol lokasi, dan memastikan tamu undangan nyaman. Persiapan pernikahan bisa memanfaatkan wedding organizer sehingga pengantin tidak perlu pusing menyiapkannya.

Jasa WO umumnya sudah profesional dan tahu betul apa saja yang dibutuhkan. Tim dari jasa tersebut juga memiliki pengalaman untuk mengontrol acara resepsi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

16. Menentukan Durasi Resepsi

Resepsi pernikahan yang dilakukan di gedung biasanya dibatasi waktu. Anda bisa memilih durasi resepsi pernikahan sesuai dengan budget. Berbeda dengan pesta pernikahan yang diadakan di halaman rumah.

Pengantin bisa mengadakan pesta atau resepsi dengan lebih leluasa tanpa batasan waktu. Durasi resepsi perlu ditentukan untuk persiapan nikah agar nanti acara atau kegiatan yang akan dilakukan bisa pas dan terlaksana semuanya. 

17. Memilih Dekorasi

Dekorasi merupakan bagian penting dalam sebuah resepsi pernikahan. Dekorasi biasanya berupa bunga-bunga atau lainnya yang dipasang di belakang tempat duduk pengantin.

Dekorasi juga bisa dipasang pada pintu untuk menjemput para tamu undangan yang datang. Adanya dekorasi dapat memberikan suasana yang lebih menyenangkan dan membuat indah dipandang mata.

Dekorasi jug bermanfaat untuk memberikan latar yang bagus untuk foto-foto pernikahan. Pada umumnya dekorasi bisa dipesan bersama dengan vendor pernikahan atau pun jasa rias pengantin. 

Itulah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk acara pernikahan agar momen bahagia tersebut bisa berjalan dengan lancar dan dapat dikenang, baik oleh pengantin maupun tamu undangan.

Persiapan nikah yang paling utama adalah kesehatan, fisik dan mental. Jadi tetap perhatikan kesehatan meskipun Anda harus mempersiapkan banyak hal.